Kembali ATR/BPN Serahkan Sertifikat di Acara Sosialisasi Strategis PTSL Hj. Aida Anggota DPR RI Jadi Bara Sumber

BANJARMASIN  |  kabar24jam.com

Minggu, 10 April 2022.

Kementerian Agraria dan Tata Ruang Balai Pertanahan Nasional (ATR/BPN) bersama Anggota Komisi II DPR RI Hj Aida Muslimah melaksanakan sosialisasi program pendaftaran tanah sistematis lengkap (PTSL) Sabtu (9/4/2022) sore.
Acara ini di moderator langsung oleh H.Yanuari SH.MH Kakantah Banjarmasin yang baru.

Di hadiri mahasiswa dan masyarakat umum, kegiatan ini juga diisi dengan penyerahan sertifikat tanah pada beberapa perwakilan serta forum tanya jawab seputar pertanahan di Kalsel.

Anggota Komisi II DPR RI Hj Aida Muslimah menyampaikan, dalam hal ini, bidangnya turut berperan merealisasikan program kerja yang bersinergi dengan Kementerian ATR BPN.

“Lewat Program PTSL, sangat diharapkan nantinya mampu melakukan pendaftaran tanah secara masif dan lengkap oleh pemerintah sehingga masyarakat pun bisa mendapatkan hak tanah mereka secara legal lewat sertifikat itu,” ucap Aida.

Lanjut Aida, permasalahan tanah menjadi hal yang krusial lantaran munculnya kasus-kasus sengketa tanah baik itu di lingkungan keluarga hingga terkait dengan pemerintahan.

Untuk itulah program pendaftaran tanah sistematis lengkap (PTSL) mulai diberlakukan sejak 2018 hingga sekarang yang diatur dalam Instruksi Presiden no 12 tahun 2018.

Diharapkan di 2025 nanti semua tanah yang ada di Indonesia telah terverifikasi lewat program PTSL.

“Ketika masyarakat sudah menerimanya, diharapkan nanti itu bisa jadi salah satu sarana pendamping modal usaha guna kesejahteraan masyarakat,” lanjutnya.

Dalam 5 tahun saja, lanjut Aida, program PTSL mampu mendaftarkan 34.5 juta bidang tanah di seluruh Indonesia. Dengan capaian tersebut, jumlah ini jika dikerjakan secara manual hanya mampu dilaksanakan dalam kurun waktu 44 tahun.

Dengan total 126 juta bidang tanah yang ada di Indonesia, 78 juta bidang tanah sudah terdaftar, dan tersisa 46 bidang tanah yang belum terdaftar.

“Kementerian ATR/BPN didukung komisi II DPR RI sebagai mitra mengadakan anggaran pendanaan untuk PTSL ini,” jelas Aida.

Anggaran tersebut, lanjut Aida, di antaranya disalurkan dalam proses pengawalan PTSL mulai dari pendataan tanah hingga menjadi produk akhir berupa sertifikat tanah pada masyarakat.

“Intinya selain membantu masyarakat, program PTSL dari Kementerian ATR BPN ini juga membantu Pemerintah Daerah dalam penataan kotanya,” tutup Hj Aida Muslimah.

Sementara itu, Kepala Kantor Wilayah Kementerian ATR BPN Kalimantan Selatan, Alex Saputra, dengan PTSL yang dimiliki Kementerian, ini adalah upaya jemput bola dan percepatan masyarakat mendapatkan sertifikat tanah.

“Dengan bantuan dari DPR pula, program ini diharapkan bisa semakin disebarkan ke masyarakat,” ujar Alex.

Sosialisasi ini juga menyasar anak-anak muda juga, harapannya bisa menjadi agen di kampus masing-masing supaya mensosialisasikan ke yang lain.

“Misalnya nanti mahasiswanya di lapangan lebih aktif, tentunya juga penyaluran kepada masyarakat semakin cepat” kata Alex.

“Saya yakin animo masyarakat yang dulunya rendah, bisa lebih tinggi sekarang ini karena layanan yang ada di PTSL ini jadi lebih cepat,” sambungnya.

Sejauh ini, selama Triwulan di 2022, sudah hampir 30% yang dicakup program PTSL.

Alex berharap, mudah-mudahan di September nanti pencapaian sudah ada di angka 100%.

Sementara, untuk kota Banjarmasin, lanjut Alex, telah diselesaikan sekitar 2000 sertifikat tanah dan siap diserahkan pada pemiliknya.

Dari forum diskusi di sosialisasi ini pula, ia menambahkan, ada sejumlah permasalahan sosial yang diutarakan langsung kepada Kementerian.

“Misalnya saja bagaimana sertifikat tanah bagi mereka yang ada di pinggir sungai, sementara dari pusat kan memang belum ada peraturan untuk wilayah tersebut,” jelasnya.

Meski demikian, bukan berarti Kementerian ATR BPN akan lepas tangan.

“Kita ukur dulu, didaftarkan, supaya nanti jika ada kebijakan baru dari pemerintah, nggak susah lagi, tinggal pensertifikatannya saja,”
Seusai acara beberapa penerima sertifikat, yang namanya tidak mau disebutkan dan diantara para mahasiswa yang hadir ,memuji sungguh acara ini membuat kami terharu dan sangat berterimakasih pada pa Alen selaku kakanwil dan jajaran kebawahnya apa lagi acara ini hadir langsung ATR/BPN RI pusat yakni Pa Indra Gunawan selaku kabaghumas yang juga jadi Nara sumber langsung dalam acara sosialisasi ini.
Berdasarkan pantauan yuday dari pers online kabar 24 jam yang juga ketua Forum jumpa pers Kalimantan selatan ( FJPK) yang turut diundang Adapun peserta yang Berhadir diacara di Ball room utama Hotel Rattan in lebih dari 100 orang dan bahkan semua Kakantah se-provinsi Kalimantan hadir semuanya tampak, diantara Pa Jani Kakantah kabupaten Kotabaru,Pa Freedy Kakantah kabupaten Banjar Martapura,pa Suhaimi Kakantah dari Kabupaten Tanah laut Pelaihari dan pa Syamsu Wijana kepala kasubdit di Kanwil ATR/BPN Kalsel.
Dan semua peserta yang hadir walaupun covid-19 mulai mereda namun Prokes kesehatan tetap dilaksanakan semua pakai masker. (Yuday )

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *